Mengenai Saya

Foto saya
Im a big dreamer, fashion admirer-designer-mix match'er, accessories maker, food lover, enjoy cooking, travelling, singing and dancing, anything fun. Broadway,5th Avenue to the Gossip Girl makes me fall in love with New York city. One of my bigest dream,wow. Lakers, Kobe and Gasol is very cool. And what else,let me think.. Kimora, she is my Idol :D :D last but not least Im a Barbie and Hellokitty Lover. Its me AdrianiNadia, =)

Selasa, 18 September 2012

Review Presentasi Jurnal Kelompok Part 1

Setelah kuliah observasi hari ini, ada tiga jurnal yang dapat direview dari presentasi teman teman di kelas, ketiga jurnal tersebut memuat observasi sebagai salah satu metode pengumpulan data yang dipakai dalam tiap tiap penelitiannya.

Review pertama mengenai jurnal yang berjudul "Realitas Cinta Dimata Remaja Perempuan" Studi Kasus Sindrom Cinta pada Seorang Perempuan Remaja Pasca Filem ‘ Ada Apa Dengan Cinta. Oleh Maria Lauranti Stephanie. Teman teman dari kelompok 1 memilih jurnal ini karena dirasa menarik untuk kalangan remaja. Jurnal ini memakai teori kultivasi, dimana individu membangun nilai nilai bahwa apa yang dialami oleh dirinya adalah serupa dengan kejadian dalam media, dalam hal ini film AADC. Yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah Perempuan, usia 18 tahun, Penonton/penikmat film Ada Apa Dengan Cinta dan film lain dengan gender remaja, penikmat musik pop remaja dan sinetron remaja, dan lingkungan pergaulan yang populer. Hasilnya, subjek penelitian ini sangat mengidentifikasikan dirinya sama seperti scene dalam film, walaupun film AADC bukan merupakan film favoritnya, namun ia hafal setiap scene dari film ini, dan merasa bahwa cerita film ini sama dengan gambaran dirinya. Hal ini sesuai dengan konsep  perceived reality yang merupakan  ukuran seberapa jauh anak – anak menerima apa yang mereka lihat di televisi sebagai hal yang nyata atau reflektif terhadap hidup mereka. Mengapa hal ini bisa terjadi, anak berusia kurang dari sampai dengan 18 tahun masih belum bisa secara kritis melihat media, terlebih film yang dibuat bisa saja melalui proses riset terlebih dahulu, sehingga sangat mendekati kondisi kehidupan remaja pada umumnya, sehingga anak anak yang belum mampu mengkritisasi tayangan atau sebuah suguhan dari media, akan mudah merasa bahwa hal hal yang terjadi pada film adalah sama dengan apa yang dialaminya dalam kehidupan nyata.

Lanjut kepada review jurnal yang dipilih oleh teman teman dari kelompok 2, yang berjudul "Mitos Tentang Kehamilan".  Mitos adalah sistem kepercayaan dari suatu kelompok manusia, yang berdiri atas sebuah landasan yang menjelaskan cerita-cerita yang suci berkaitan dengan masa lalu. mitos yang dalam arti asli sebagai kiasan dari zaman purba merupakan cerita yang asal usulnya telah dilupakan, namun ternyata pada zaman sekarang mitos merupakan cerita yang dianggap benar. (Harsojo, 1988).  Kehamilan adalah rangkaian peristiwa yang baru terjadi bila ovum dibuahi dan pembuahan ovum akhirnya berkembang sampai menjadi fetus yang aterm (Guyton, 1997). Subjek dalam penelitian ini adalah wanita hamil dengan usia kandungan 3 bulan di suatu tempat di Aceh. Peneliti jurnal ini memilih Aceh, karena disana masih banyak yang melaksanakan dan patuh kepada pantangan-pantangan, mitos, dan ritual untuk ibu hamil. Contoh dari mitos mitos yang berada disana antara lain, suami yang memiliki istri yang sedang hamil, setelah pulang kantor tidak boleh langsung pulang ke rumah, namun harus singgah dulu ke sebuah langgar yang dimaksudkan agar kekuatan jahat tidak mengikutinya sampai kerumah yang memungkinkan untuk mengambil cabang bayi dari istrinya yang tengah hamil. Ada pula larangan untuk tidak duduk di anak tangga, tidak memegang gunting, tidak boleh melihat kera selama hamil, karena takut nantinya si anak yang dikandungnya setelah lahir wajahnya akan mirip kera. Kesimpulannya memang masyarakat disuatu tempat yang berlokasi di Aceh ini masih menjalankan ritual dan mematuhi mitos, hasil ini sangat sejalan dengan pertimbangan awal peneliti bahwa tempat ini dipilih karena masih banyak warganya yang menjalankan mitos.

Teman teman dari kelompok 6 memilih jurnal yang berjudul "Post Traumatic Growth Pada Penderita Kanker Payudara". Jurnal ini membahas tentang bagaimana orang yang dulunya pernah didiagnosa mengidap breast cancer, kemudian menjalani kehidupannya setelah traumatic moment yang didapatnya pada saat didiagnosa. Hasilnya terdapat pertumbuhan dari sisi way of life, yang yang signifikan timbul dari perjuangan informan dalam menghadapi penyakit payudara ini, antara lain, peningkatan spiritualitas, positive improvement in life, proses sosial semakin tinggi, dan relasi sosial semakin baik. Hal ini dapat terjadi karena disaat individu dihadapi dengan moment yang 'mengguncang' ini, membuat mereka menjadi lebih mawas diri, mencari makna hidup, dan membuat prioritas prioritas dalam hidup yang kemudian diikuti oleh peningkatan beberapa nilai dan pandangan hidup yang menjadi semakin baik dari pada sebelumnya.

  




1 komentar: